Jumat, 28 Desember 2012

Aplikasi Penilaian Berbasis Komputer

Salam Hangat bagi Dewan Guru MI. Muhammadiyah 11 Sumberagung dan semua Guru di Dunia.... Semoga limpahan Rahmat dan Karunia Allah SWT senantiasa menyertai kita dalam menjalankan Amanah yang diberikan kepada kita semua.

Setelah melalui proses ujicoba penggunaan aplikasi penentuan Nilai kepada anak didik kita dalam Ujian Akhir Semester Ganjil Tapel 2012/2013 kemarin. dengan menggunakan aplikasi penilaian yang sederhana, maka ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi bagi kami selaku tim pengembang untuk memberikan beberapa catatan penting dalam proses tersebut. diantaranya :
  1. Masih kurangnya pemahaman konsep penentuan Nilai bagi Siswa
  2. Kemampuan menggunakan media IT dalam proses penilaian siswa masih relatif sedikit.
  3. Aplikasi sederhana tersebut (Sebagaimana Posting terdahulu) kiranya masih kurang untuk mendukung  proses penilaian yang akurat dan komprehensip
  4. Sedikit kelemahan kita pada pemahaman skoring dalam koreksi hasil Ujian Semester
Kiranya beberapa catatan singkat tersebut dapat kita pahami untuk kemajuan pemahaman konsep penilaian siswa, termasuk kami sebagai tim pengembang. sebab di akui atau tidak, dalam proses pembelajaran di bangku sekolah selalu diidentikan dengan angka-angka numerik yang menjadi standar keberhasilan.

maka dipandang perlu sekali agar guru dibekali dengan pemahaman IT untuk mempermudah proses penilaian di bangku sekolah, untuk itulah Aplikasi Penilaian berbasis Komputer Versi K ini dibikin untuk mempermudah proses tersebut, adapun screenshotnya dapat dilihat sebagai berikut :

Klik Untuk Memperbesar Gambar







 adapun konten yang terdapat didalamnya :
  1. Paramater Lembaga
  2. Entri Data Siswa
  3. Input Penilaian Kelas
  4. Form Koreksi
  5. Input Nilai Mata Pelajaran
  6. Input Nilai Akhir
  7. Cetak Leger UTS
  8. Cetak Peringkat Kelas Secara Urut (Otomatis)
  9. Cetak Daya Serap Mapel
  10. Cetak Leger UAS
  11. Cetak Raport Persiswa
Semua konten tersebut dapat berjalan otomatis dan mudah dijalankan, karena menggunakan aplikasi under excell yang sudah sangat familiar bagi kita semua.
tetapi kami Mohon ma'af  karena Link Download belum bisa kami tampilkan, menunggu Sosialisasi kepada Guru MI. Muhammadiyah 11 Sumberagung..

MARI.....Bersama-sama belajar dan berkembang..

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaloh boleh sy minta filenya untuk sekolahan saya,.
      thenkyu before.



      http://mikarangnongko.blogspot.com

      Hapus
  2. untuk nama kepala madrasah NBM mau saya ganti dengan nama kepala sekolah NIP caranya gimana yaaa? trims selamat berkreasi.

    BalasHapus